Perubahan Fisik Manusia pada Masa Pubertas

1 Follicle-stimulating hormone - FSH 2 Luteinizing hormone - LH 3 Progesterone 4 Estrogen 5 Hypothalamus 6 Pituitary gland 7 Ovary 8 Pregnancy - hCG (Human chorionic gonadotropin) 9 Testosterone 10 Testicle 11 Incentives 12 Prolactin - PRL

Berapa usiamu sekarang? Apakah termasuk anak-anak atau remaja Setelah masa bayi, manusia akan memasuki tahapan anak-anak, remaja, dewasa, dan tua.

Anak-anak akan berkembang menjadi dewasa. Masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa dikenal dengan masa remaja atau masa pubertas. Ciri-ciri pubertas dapat diamati dari perubahan fisik tubuh.

Untuk mengetahui perubahan fisik yang terjadi, lakukan kegiatan berikut ini.

Mengamati Perubahan Fisik pada Masa Pubertas

1. Bandingkan keadaan fisik dirimu dan teman-temanmu di SD dengan kakak atau teman-temanmu di SMP. Anak laki-laki mengamati tubuh anak laki-laki. Anak perempuan mengamati fisik anak perempuan.
2. Cari perbedaan dari perubahan tubuh, suara, atau gejala lainnya.
3. Catat perubahan yang terjadi.
4. Diskusikan dalam kelompok yang terdiri dari anak laki-laki dan perempuan sehingga semua mengetahui perubahan-perubahan fisik pada masa remaja.

Tanda-tanda masa remaja pada laki-laki, antara lain bahu menjadi bidang, tumbuhnya jakun, kumis, dan jambang serta tumbuhnya rambut di ketiak dan betis. Tanda-tanda pubertas pada perempuan, antara lain pinggul melebar, payudara membesar, dan tumbuhnya rambut di ketiak.

Anak-anak gadis tumbuh hampir sempurna pada usia 16 12 tahun meskipun dapat terus tumbuh sedikit sampai usia 20 atau 21 tahun. Untuk anak laki-laki tumbuh hampir sempurna pada usia 17 12 dan 23 atau 25 tahun.

Dengan adanya perubahan fisik tersebut, kamu harus menjaga kesehatan, antara lain menjaga kebersihan organ perkembangbiakan (organ reproduksi). Untuk menjaganya, mandi sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Pada saat mandi, kamu harus membersihkan seluruh bagian tubuh sehingga kebersihan organ perkembangbiakan terjaga. Begitu pula jika kamu buang air kecil. Selain itu, pakaian dalam yang digunakan harus menyerap keringat dan tetap dalam keadaan bersih. Oleh karena itu, pakaian dalam kita harus sering diganti setiap kamu mandi.

1. Apakah tanda-tanda masa remaja pada anak laki-laki dan perempuan?
2. Apakah kaitannya antara perubahan fisik masa remaja dengan kemampuan berkembang biak?

Leave a Reply