Perkembangbiakan Binatang

Apakah kamu mempunyai hewan piaraan? Bagaimana cara berkembang biaknya?

Hewan ada yang dapat berkembang biak dengan cara bertelur, melahirkan, dan ada yang bertelur dan melahirkan. Bagaimana ciri-ciri hewan yang bertelur dan yang melahirkan? Lakukan kegiatan berikut ini.

Hewan ada yang dapat berkembang biak dengan cara bertelur,
melahirkan, dan ada yang bertelur dan melahirkan. Bagaimana ciri-ciri hewan yang bertelur dan yang melahirkan? Lakukan kegiatan berikut ini.

Menentukan Cara Perkembangbiakan Hewan

Kucing: melahirkan
Ayam : bertelur
Sapi: melahirkan
Anjing: melahirkan
Ikan: bertelur
Kelinci: melahirkan
Buaya: bertelur dan melahirkan

Bagaimana cara perkembangbiakan dengan bertelur dan melahirkan? Perhatikan uraian berikut:

1. Bertelur

Pernahkah kamu melihat isi telur ayam? Isi telur ayam merupakan hasil pembuahan antara sel kelamin betina dan sel kelamin jantan. Ayam betina akan menghasilkan sel kelamin betina disebut sel telur, ayam jantan akan menghasilkan sel kelamin jantan disebut sel sperma.

Pertemuan sel telur dan sperma terjadi melalui perkawinan antara hewan betina dan jantan. Setelah itu akan terjadi pembuahan dan terbentuklah zigot.

Ayam jantan membuahi sel telur saat sel telur masih ada di dalam tubuh ayam betina. Pada hewan ini, zigot dilindungi oleh cangkang kemudian dikeluarkan dari tubuh induknya yang disebut telur. Telur kemudian dierami sampai menetas.

Telur hewan yang dilindungi oleh cangkang, contohnya, telur bebek, telur ayam, dan telur burung puyuh.

2. Melahirkan

Pernahkah kamu melihat hewan yang melahirkan? Hewan jantan akan membuahi sel telur dalam tubuh hewan betina. Zigot hasil pembuahan ini akan tumbuh menjadi janin. Janin tumbuh di dalam tubuh induknya. Saat ini hewan dikatakan hamil. Makin lama perut hewan makin besar. Setelah janin membentuk anak hewan dengan sempurna, induk hewan akan melahirkan. Setelah melahirkan, induk hewan akan menyusui anaknya.

Lamanya hamil tiap jenis hewan berbeda-beda. Untuk gajah 12 bulan, sedangkan kelinci 30 hari. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar. Coba berikan contoh hewan lainnya yang melahirkan.

3. Hewan yang Bertelur dan Melahirkan

Apakah kamu pernah melihat buaya melahirkan? Anak buaya tumbuh di dalam telur semasa telur masih ada di perut induknya. Kemudian telur dikeluarkan, menetas, dan keluar anaknya. Hewan demikian berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan.

Contoh lainnya hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan yaitu ular dan kadal.

Setelah mempelajari cara perkembangbiakan hewan, coba bandingkan ciri-ciri hewan yang bertelur dengan hewan yang melahirkan.

Cara-cara perkembangbiakan hewan ini sangat diperlukan peternak dalam memperbanyak hewan untuk dikonsumsi atau melestarikan hewan langka. Para peternak hewan harus memperhatikan berapa lama hewan dapat bertelur atau melahirkan, berapa jumlah anaknya sekali masa bertelur atau melahirkan. Bagaimana cara merawatnya agar hasilnya
memuaskan?

1. Kunjungi kebun binatang atau cari nama-nama hewan di buku tentang hewan.
2. Cari 5 jenis hewan yang bertelur.

3. Amati ciri-ciri hewan, sesuai tempat hidupnya, bentuk telur, tempat bertelur, dan cara mengerami telur.

4. Apakah telur-telur hewan tersebut bermanfaat bagi manusia?

Hewan berkembang biak dengan cara bertelur, melahirkan, serta bertelur dan melahirkan.

Leave a Reply